PROSES BISNIS DI BIDANG TJKT
Pengertian dan Proses Bisnis Pada Teknik Komputer dan Telekomunikasi
1. Memahami Proses Bisnis
Jika melihat makna dari kata proses adalah suatu tahap atau langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan / hasil. Jika dilihat makna dari bisnis adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok atau organisasi yang melakukan kegiatan menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
“Oleh karena itu, Proses Bisnis merupakan sebuah tahap atau langkah-langkah yang dilakukan secara terstruktur dan saling terhubung, dengan tujuan untuk menghasilkan produk atau jasa dan juga untuk mendapatkan keuntungan atau laba”.
Contoh jika Proses Bisnis pada Teknik Komputer dan Telekomunikasi yaitu seperti proses untuk menentukan produk atau jasa, seperti produk aplikasi ataupun website. Jika jasa maka seperti instalasi komputer, instalasi internet, dan lainya.
2. Contoh Proses Bisnis
• Manufaktur :
o Tujuan : Mengubah barang mentah menjadi barang jadi.
o Peserta : Staff Pabrik, staff penjualan.
o Input : Pemesanan, Pemberitahuan Pembuatan, Bahan Baku.
o Output : Barang Jadi.
3. Jenis Proses Bisnis
A. Proses Operasional
Proses Operasional atau merupakan proses Primer, yaitu proses yang memiliki bisnis inti yang memiliki 3 tahapan proses sebagai berikut :
• Pembuatan Produk
• Pemasaran Produk
• Layanan pelanggan yang ditawarkan
B. Proses Dukungan
Proses dukungan atau proses sekunder merupakan inti dalam menjalankan sebuah bisnis, pada proses ini akan mendukung operasional pada sehari-hari dalam sebuah instansi perusahaan ataupun organisasi yang melakukan proses bisnis.
C. Proses Manajemen
Pada Proses Manajemen ini akan melibatkan tahapan perancanaan, pemantauan, dan pengawasan. Proses manajemen ini akan mengatur aktivitas, tata kelola pada perusahaan atau instansi serta manajemen strategis. Proses manajemen ini akan merencanakan tujuan dan standar yang mengarah pada proses primer dan pendukung yang efisien serta efektif.
4. Karakteristik Proses Bisnis
• Definitif : sudah pasti, bukan sementara, memiliki batasan, masukan dan keluaran yang jelas
• Urutan : Sekian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara beruntun sesuai dengan waktu
• Pelanggan : mempunyai penerimaan hasil proses.
• Nilai Tambah : Proses bisnis harus memiliki dan memberikan nilai tambah pada penerima.
• Keterkaitan : Harus terkait dalam struktur organisasi atau tidak boleh berdiri sendiri
• Fungsi Silang : Fungsi ini mencakup beberapa fungsi lainya
5. Manfaat Proses Bisnis
• Menjadi solusi supaya bisa membantu perusahaan untuk melihat gambaran bisnis yang dilakukan secara realtime atau komputasi waktu yang nyata.
• Manfaat Proses bisnis menyediakan laporan yang memberitahu kondisi perusahaan sebenarnya pada saat ini.
• Memberikan nilai kompetitif bagi persaingan bisnis yang semakin kompleks didalam perkembangan pasar yang bergerak dengan cepat.
• Mempercepat proses evaluasi informasi untuk merespon setiap kejadian dan masalah secara cepat dan tepat.
• Percepat respon perusahaan terhadap tantangan bisnis yang muncul secara tidak terduga.
• Memberikan pengaruh seperti meningkatkan daya deteksi perusahaan terhadap peluang-peluang bisnis baru dan pergerakan yang dilakukan oleh kompetitor.
• Lebih Mengutamakan deteksi masalah secara dini sehingga menghindarkan dari sifat reaktif dari umumnya perusahaan yang menyebabkan mereka menjadi kontraproduktif.
6. Contoh Proses Bisnis Pada Teknik Komputer dan Telekomunikasi
Contoh Proses Bisnis Pada Teknik Komputer dan Telekomunikasi.
Contoh Proses Bisnis Bidang TI (Web Development)
• Pertama, perusahaan atau instansi tersebut melakukan riset pasar, supaya mengetahui apa yang dibutuhkan atau apa yang di inginkan pasar saat ini. 10
• Setelah mendapatkan riset yang nyata, berikutnya perusahaan mulai mencari bahan-bahan pendukung yang berguna untuk memenuhi keinginan pasar.
• Setelah memiliki bahan atau tools yang memumpuni, berikutnya memulai untuk mengembangkan sebuah website penjualan.
• Tak lupa melakukan user researcher guna mengetahui respon dari masyarakat.
• Jika terdapat masukan, maka melakukan modifikasi atau revisi pada website penjualan tersebut.
• Memulai Meluncurkan Website Penjualan.
Contoh Proses Bisnis Bidang TI (Design Grafis)
• Kita harus mengetahui design apa yang di inginkan oleh market / masyarakat / klien.
• Bertemu dengan klien untuk membahas mengenai design yang akan dibuat.
• Berikutnya kita melakukan atau mengumpulkan bahan - bahan yang digunakan untuk mendukung design yang dibuat.
• Setelah itu jika memungkinkan setiap design yang dibuat dapat memberikan makna masing-masing.
• Memungkinkan untuk meminta DP sekian %.
• Melakukan meeting dengan klien mengenai hasil yang sudah dikerjakan.
• Menjual Design dan mendapatkan Laba.
Contoh Proses Bisnis Bidang TI (Aplikasi Mobile)
• Pertama, perusahaan atau instansi tersebut melakukan riset pasar, supaya mengetahui apa yang dibutuhkan atau apa yang di inginkan pasar saat ini.
• Setelah mendapatkan riset yang nyata, berikutnya perusahaan mulai mencari bahan-bahan pendukung yang berguna untuk memenuhi keinginan pasar.
• Setelah memiliki bahan atau tools yang memumpuni, berikutnya memulai untuk mengembangkan aplikasi mobile sesuai market yang sudah ditentukan.
• Tak lupa melakukan user researcher guna mengetahui respon dari masyarakat.
• Jika terdapat masukan, maka melakukan modifikasi atau revisi pada website penjualan tersebut.
• Memulai Meluncurkan Aplikasi Mobile.
• Pada Market Playstore atau App Store.
Contoh Proses Bisnis Pada Perusahaan yang Mengembangkan sebuah Website Penjualan
• Pertama, perusahaan atau instansi tersebut melakukan riset pasar, supaya mengetahui apa yang dibutuhkan atau apa yang di inginkan pasar saat ini.
• Setelah mendapatkan riset yang nyata, berikutnya perusahaan mulai mencari bahan-bahan pendukung yang berguna untuk memenuhi keinginan pasar.
• Setelah memiliki bahan atau tools yang memumpuni, berikutnya memulai untuk mengembangkan sebuah website penjualan.
• Tak lupa melakukan user researcher guna mengetahui respon dari masyarakat.
• Jika terdapat masukan, maka melakukan modifikasi atau revisi pada website penjualan tersebut.
• Memulai Meluncurkan Website Penjualan.
kegiatan belajar 2: Perencanaan Bisnis dan Analisa Kebutuhan Pelanggan Pada Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
A. Perencanaan Bisnis
1. Mengenal Bisnis Bisnis
merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok atau organisasi yang melakukan kegiatan menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
Bisnis Menurut Hughes dan Kapoor Bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
Tujuan Bisnis diantara lain yaitu, untuk memperoleh laba atau keuntungan, mencapai kesejahteraan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan lainya. Fungsi Bisnis dibagi menjadi beberapa bagian antara lain yaitu, Form Utility, Place Utility, Possessive Utility, dan Time Utility.
Manfaat Bisnis diantara lain yaitu, mendapatkan penghargaan, menjadi bos, kerja sesuai keinginan,bebas
2. Mengenal Proses Bisnis
Proses Bisnis merupakan sebuah tahap atau langkah-langkah yang dilakukan secara terstruktur dan saling terhubung, dengan tujuan untuk menghasilkan produk atau jasa dan juga untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
3. Mengenal Perencanaan Bisnis
Perencanaan Bisnis merupakan sebuah dokumen atau pernyataan tertulis yang berisi gambaran bisnis, strategi bisnis, produk atau layanan di masa mendatang, dengan tujuan untuk mencapai Visi dan Misi dari Bisnis tersebut. Rencana Bisnis biasanya sudah disiapkan, dan merupakan langkah pertama bagi Perusahaan Startup, namun biasanya ini bersifat jangka pendek.
4. Manfaat dan Tujuan Perencanaan Bisnis
Manfaat Perencanaan Bisnis Antara Lain yaitu :
• Dapat menyiapkan konsep bisnis, yang terdiri dari struktur, produk, layanan bisnis tersebut, sehingga dengan merencanakan bisnis dapat membuat bisnis kita semakin baik. 12
• Dapat menganalisa Pasar, maksudnya ialah menganalisa apa yang dibutuhkan masyarakat atau pelanggan pada saat ini.
• Dengan perencanaan bisnis kita dapat menyiapkan modal, atau mendapatkan investasi sesuai dengan kebutuhan keuangan dari bisnis tersebut.
Tujuan Perencanaan Bisnis Antara Lain yaitu :
• Menetapkan Fokus pada Bisnis.
• Dapat memanfaatkan peluang potensial dan meminimalkan resiko.
• Mendapatkan Pendanaan Modal.
5. Komponen Perencanaan Bisnis
Komponen Perencanaan Bisnis merupakan bagian dari keseluruhan yang membentuk sistem atau kesatuan di dalam perencanaan bisnis yang disiapkan. Berikut ini Komponen yang termasuk dalam Perencanaan Bisnis.
• Ringkasan bisnis plan
• Deskripsi bisnis
• Deskripsi produk atau layanan
• Pernyataan misi
• Kepemimpinan
• Analisis Pasar
• Analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, kekuatan)
• Rencana pemasaran
• Proyeksi keuangan
• Analisis arus kas
• Staffing
• Operasi
B. Analisa Kebutuhan Pelanggan Teknik Komputer dan Telekomunikasi
1. Mengenal Pelanggan / Konsumen
Pelanggan merupakan seorang individu atau sekelompok orang yang menjadi pembeli sebuah produk yang telah dibuat dan dipasarkan / dijual oleh perusahaan, dan biasanya pelanggan tidak hanya membeli satu kali, namun berkali-kali.
Sedangkan Konsumen ialah setiap orang yang memakai barang atau jasa yang ada pada masyarakat ataupun lingkungan sekitar, baik untuk kepentingan pribadi, sanak keluarga, ataupun orang lain. Selain itu terdapat sebutan Distributor dan Produsen. Rasanya ada yang kurang jika tidak kita mengenal istilah - istilah tersebut.
Distributor merupakan Konsumen yang membeli produk yang bertujuan untuk dijual kembali. hal ini juga biasanya disebut dengan pengecer.
Selain itu terdapat Produsen, Produsen dalam kehidupan ekonomi bisnis, merupakan sekelompok orang atau individu yang melakukan kegiatan produksi termasuk barang ataupun jasa. Dan nantinya akan di support oleh Distributor.
2. Mengenal Analisa Kebutuhan Pelanggan
Analisa Kebutuhan Pelanggan merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis, Analisa kebutuhan pelanggan digunakan untuk mengetahui kebutuhan atau prilaku konsumen atau pelanggan yaitu tepat pada hal yang dibutuhkannya. Konsumen merupakan pendukung penting dalam bisnis, oleh karena itu kita harus dapat menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, supaya bisnis kita dapat berjalan dengan baik dan dapat bersaing dengan pebisnis lainnya.
3. Pentingnya melakukan Analisa Kebutuhan Pelanggan
• Dengan melakukan analisa kebutuhan pelanggan, pelaku bisnis dapat menentukan ataupun menciptakan produk maupun jasa yang sesuai. Jika produk atau jasa yang kita siapkan sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen, maka konsumen pun memberikan minat yang besar kepada kita. 14
• Ketika kita sudah mengetahui kebutuhan dari konsumen, maka kita akan mendapatkan sebuah motivasi, untuk memproduksi barang ataupun jasa. Dengan harapan ketika kebutuhan konsumen yang sudah kita siapkan dapat menarik minat konsumen.
• Selain itu ketika kita sudah mengetahui kebutuhan dari pelanggan, kita dapat fokus untuk meningkatkan kualitas barang atau jasa yang kita siapkan untuk pelanggan ataupun konsumen, dengan kualitas yang baik, maka konsumen akan lebih percaya kepada kita.
• Beberapa poin diatas merupakan hal penting yang didapatkan dari Analisa Kebutuhan Pelanggan, selain itu satu hal lagi yang sangat penting yaitu, Perilaku bisnis dapat menyusun strategi untuk market atau pasar yang digunakan untuk berbisnis. Dengan seperti itu kita dapat menyiapkan segala hal yang dibutuhkan oleh masyarakat.
4. Manfaat Analisa Kebutuhan Pelanggan
• Pebisnis dapat menciptakan Produk yang sesuai atau jasa, yang pastinya berkualitas. Karena sudah mengetahui kebutuhan pelanggan ataupun konsumen yang sudah di analisanya.
• Pebisnis mendapatkan semangat untuk berbisnis dan menjadi pebisnis yang berkualitas.
• Pebisnis dapat mengembangkan bisnis yang dijalani nya, apabila masyarakat banyak yang membeli atau menggunakan jasa yang disediakan oleh pebisnis.
• Pebisnis dapat menentukan target market yang akan dituju.
• Pebisnis dapat meningkatkan kualitas dan mengoptimalkan Produk atau Jasa yang disiapkannya.
Kegiatan Belajar 3 : Strategi Implementasi Bisnis Pada Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
1. Mengenal Strategi Implementasi Bisnis
Dalam berbisnis, pasti kita harus selalu sigap dalam menghadapi segala hal yang akan datang yang akan menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis. Salah satunya menggunakan cara Strategi Implementasi Bisnis. Strategi Implementasi Bisnis merupakan penerapan strategi termasuk dalam tahapan manajemen strategi dalam berbisnis, hal ini melibatkan penggunaan kemampuan manajerial, administratif dan persuasif dalam segala tindakan yang akan dilakukan.
Beberapa tujuan diantara lain dari Strategi Implementasi Bisnis yaitu mendapatkan umpan balik, laporan kemajuan dari strategi atau rencana yang sudah dilakukan sesuai dengan target. Implementasi Strategi merupakan sebuah rencana strategis dalam beberapa tindakan guna mencapai tujuan yang diinginkan.
2. Rancangan Strategi Implementasi Bisnis
A. Cara Mengembangkan Bisnis
Dalam melakukan strategi bisnis, kita harus mengetahui bagaimana cara untuk mengembangkan atau menumbuhkan bisnis yang sedang kita lakukan. Kita juga harus berorientasi untuk mengembangkan bisnis di masa mendatang.
B. Cara Memenuhi Kebutuhan Pelanggan
Pelanggan merupakan inti dalam berbisnis, dan merupakan prioritas terbesar dalam perumusan rencana strategi dalam berbisnis.
C. Mengetahui Cara untuk Bersaing dengan Bisnis lainnya
Persaingan dalam dunia bisnis pasti akan selalu ada, oleh karena itu kita pun harus mengetahui dan mengantisipasi persaingan di masa mendatang.
D. Siap dengan Perubahan pada Pasar
Segala hal dapat terjadi di dalam kehidupan, begitu pula dengan bisnis. Perkembangan teknologi yang terus menjadi lebih canggih, bisnis yang kita lakukan pula harus siap dengan perubahan yang akan terjadi pada pasar
3. Langkah-langkah Strategi Implementasi Bisnis
• Perusahaan harus mempersiapkan dan membuat rumusan strategi implementasi bisnis yang berorientasi pada pengembangan bisnis yang akan terjadi di masa mendatang. Rumusan strategi harus sinkron atau selaras dengan visi yang sudah dirancang pada saat membangun perusahaan.
• Perusahaan harus mengutamakan kepuasan pelanggan, karena pelanggan merupakan prioritas dalam berbisnis.
• Perusahaan harus siap dalam menghadapi tantangan yang akan terjadi di masa mendatang, termasuk menghadapi perubahan pada pasar, maupun tantangan dari kompetitor bisnis yang lainya.
• Perusahaan harus baik dan tepat dalam mengelola setiap bagian fungsional guna mengembangkan kapabilitas bisnisnya
4. Masalah yang terjadi dalam Strategi Implementasi
Bisnis Dalam melakukan kegiatan bisnis, maupun implementasi dari Strategi Bisnis pasti terdapat kemungkinan akan terjadi masalah, biasanya permasalahan tersebut terjadi karena Proses Implementasi Strategi Bisnis yang tidak dirancang dan didefinisikan dengan baik. Hal itu dapat menyebabkan kebingungan dan ketidakpastian sehingga dapat menjadi sumber masalah dan tidak mencapai visi yang sudah dirancang.
5. Analisa Bisnis dengan SWOT
SWOT ialah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).
Strength (kekuatan) dan Weakness (Kelemahan) adalah berasal dari faktor internal perusahaan, termasuk siapa yang ada di dalam tim, dan manajemen dalam perusahaan.
contoh berikut ini adalah analisa SWOT pada Gojek:
• Strength (Kekuatan)
o Model bisnisnya sangat efisien
o Jumlah pengemudi banyak
o Mudah diduplikasi di area lain
o Buka banyak pekerjaan
• Wekaness (Kelemahan)
o Perusahaan memiliki ketergantungan yang sangat tinggi pada pengemudi
o Proses bisnis tidak dapat berjalan tanpa akses internet yang memadai
• Opportunities (Peluang)
o Dapat merambah ke sektor usaha lain
o Mudah untuk menggaet pihak-pihak strategis
o Akses pasar bagi kaum milenial terbuka lebar
• Threats (Ancaman)
o Peraturan hukum belum matang dan dapat berubah nanti
o Ada seluruh masyarakat yang belum adaptif terhadap perubahan
Kegiatan Belajar 4 : Prosedur Kepuasan Pelanggan dan Budaya Mutu Pada Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
1. Mengenal Prosedur Kepuasan Pelanggan
Prosedur merupakan tindakan atau aksi spesifik yang harus dijalankan atau di terapkan secara teratur agar mendapatkan hasil yang sesuai. Sedangkan Kepuasan merupakan rasa senang, dan rasa bahagia yang biasanya di dapatkan karena mendapatkan sesuatu yang di inginkan,
Menurut hansemark dan albinsson (2004), “kepuasan adalah keseluruhan sikap pelanggan terhadap penyedia layanan, atau reaksi emosional terhadap perbedaan antara apa yang pelanggan antisipasi dan apa yang mereka terima, mengenai pemenuhan beberapa kebutuhan, tujuan atau keinginan”.
“Prosedur Kepuasan Pelanggan merupakan suatu tindakan atau serangkaian aksi yang dilakukan untuk memenuhi atau memberikan layanan barang atau jasa yang baik untuk pelanggan”.
2. Indikator Kepuasan Pelanggan
A. Produk yang Berkualitas
Dalam bisnis, terlebih memberikan barang atau produk, untuk memberikan Kepuasan Kepada Pelanggan perusahaan harus memberikan produk yang berkualitas.
B. Pelayanan yang Berkualitas
Jika produk yang diberikan perusahaan sudah memiliki kualitas yang baik. Maka jika kita menambah Pelayanan yang Berkualitas dapat dipastikan bahwa pelanggan mendapat kepuasan dari produk atau layanan yang diberikan perusahaan.
C. Harga Produk / Jasa
Biasanya pelanggan begitu menginginkan harga yang cenderung murah, kita dapat memberikan harga yang terjangkau kepada pelanggan, dan juga dapat memberikan harga yang lebih tinggi asalkan Pelayanan dan Produk yang kita berikan memiliki kualitas yang baik
D. Kemudahan Dalam Mengakses Produk / Jasa
kemudahan kepada pelanggan dalam mengkases atau menjangkau produk / Jasa yang kita berikan, maka kepuasan pelanggan bisa di dapatkan
E. Cara Iklan / Promosi
Produk Berikutnya yaitu adalah indikator cara melakukan iklan atau promosi pada produk atau jasa yang diberikan oleh perusahaan
3. Cara Mengetahui Kepuasan Pelanggan
• Perusahaan dapat menghubungi kembali pelanggan setelah selesai melakukan proses pembelian barang atau jasa, seperti bertanya mengenai kualitas produk atau sebagainya.
• Perusahaan dapat mendengar Kritik, Saran, serta keluhan dari pelanggan sangat penting dalam mendukung untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan, karena dari kritik, saran dan keluhan dari pelanggan dapat membantu perusahaan dalam memperbaiki produk atau jasa yang disediakan oleh perusahaan.
• Perusahaan dapat menyediakan survey untuk pelanggan yang sudah membeli Produk atau Barang dan Jasa, sehingga dengan pelanggan melakukan pengisian pada survei kita dapat memberikan keputusan yang baik demi produk atau jasa pada perusahaan.
Komentar
Posting Komentar